Apa Perbedaan Hard Ice Cream Dan Soft Ice Cream

Banyak sekali pelanggan yang bertanya kepada saya baik via facebook, sms atau bbm. Apa sih perbedaan soft ice cream dan hard ice cream? Biar tidak perlu tanya lagi saya jelaskan deh meskipun bukan bahasa baku, ini hanya bahasa saya aja tapi mudah-mudahan bisa dimengerti oleh para pembaca.
Yang dimaksud hard ice cream adalah es krim yang memiliki tekstur padat, tapi tidak keras seperti es batu atau es lilin. Dengan teksturnya yang padat maka penyajiannya pun cukup mudah, umumnya menggunakan skop es krim.
Sedangkan yang dimaksud soft ice cream adalah es krim jenis lunak yang umumnya penyajiannya harus menggunakan mesin soft ice cream karena tidak bisa disajikan dengan menggunakan skop es krim.
Bagaimana cara membuatnya? Apakah keduanya bisa menggunakan cara manual dengan mixer tangan? Cara Membuat Es Krim Hard Pondan sudah dishare sebelumnya takarannya 1kg bubuk es krim hard dicampur dengan 2liter air es, mixer sampai mengembang 10 menit. 

Bagaimana cara penyajian ?
Sebetulnya itu terserah Anda yang mau jualan, Anda bisa kreasi sendiri. tapi kalau belum ada pengalaman saya sedikit kasih gambaran.
Untuk hard ice cream bisa disajikan langsung di cup atau gelas saji dengan menggunakan skop es krim. Bisa juga diolah menjadi es krim goreng, es krim panggang atau moci es krim. Atau bisa dibuat toping aneka minuman.
Untuk soft ice cream penyajiannya bisa langsung disajikan di cup atau cone dengan menggunakan mesin soft ice cream. 
Untuk kreasi menu soft ice cream bisa juga dibuat spagety ice cream.
Supaya lebih ada gambaran saya kasih contoh gambar soft ice cream dan hard ice cream.

soft ice cream
Soft Ice Cream
hard ice cream warung es krim h2o
Hard Ice Cream

* Update Mei 2015
Hasil pengujian ternyata soft ice cream juga bisa dibuat dengan mixer tangan dan hasilnya hampir mirip es krim hard cuma lebih soft dan agak lunak. Jadi cocok juga untuk usaha rumahan tanpa mesin, misal untuk dikemas di cup..

Soft ice cream pondan bulky untuk usaha rumahan
Soft Ice Cream Lebih Lunak
hard ice cream pondan bulky untuk usaha rumahan
Hard Ice Cream Lebih Padat

Semoga penjelasan yang simple tentang perbedaan hard ice cream dan soft ice cream bisa dipahami.