Kue Mochi Kacang Urang Banjar

Kue mochi ti banjar patromanKue mochi merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan teksture yang empuk, kenyal dan lembut dilidah, dengan rasa manis yang tidak terlalu. Umumnya kue mochi diisi dengan kacang tanah sehingga menghasilkan sensasi rasa yang bikin ketagihan.
Cara membuat kue mochi berbeda-beda tergantung mood si pembuat, ada yang adonannya di godok, ada yang dikukus, direbus dan ada yang di tim. Komposisi adonanpun berbeda tergantung teknik pembuatan. Isian kue mocha juga sekarang bisa dibuat beragam selain kacang tanah bisa diisi cokelat, keju, es krim, buah-buahan dan lain-lain. Dan lapisan kulit moci supaya tidak lengket selain menggunakan tepung tapioka atau tepung sagu kini banyak yang diinovasi dengan taburan kacang yang sudah dihaluskan, wijen, dan sejenisnya.
Kali ini kita akan bahas cara membuat kue mochi kacang original, dan cara pembuatannya lebih simple dibanding cara membuat mochi es krim yang sebelumnya pernah dibahas.

Bahan yang dibutuhkan:
  • 200gr tepung ketan
  • 300gr gula pasir
  • 350cc air matang
  • pewarna makanan
  • 200gr kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan
  • 400gr tepung tapioka yang sudah disangrai

Cara membuat kue mochi kacang:
  1. Buat adonan dengan mencampurkan air, gula pasir, tepung ketan, dan pewarna 3 tetes. Kocok dengan kocokan tangan sampai tercampur rata. Masukkan ke dalam wadah sejenis rantang atau panci kecil.
  2. Panaskan air di panci besar, tinggi air jangan melebihi tinggi wadah adonan.
  3. Setelah air mendidih masukkan wadah adonan dan tutup rapat.
  4. Tunggu setengah jam, aduk-aduk adonan yang sudah matang. Setelah kalis dan betul-betul matang, dinginkan di atas tampah yang sudah ditaburi tepung tapioka.
  5. Setelah bahan kult mochi dingin, potong-potong kecil dengan ukuran yang sama, pipihkan dengan tangan yang sudah ditaburi tepung tapioka. Masukkan kacang di atas kulit dan bungkus sehingga membentuk bulat dan kacang terbungkus rapat.
  6. Mochi kacang sudah jadi dan siap dicicipi dan dipasarkan.
Nah bagi Anda yang ada di sekitaran kota Banjar Patroman, Jawa Barat. Kalau hanya untuk icip-icip dan gak mau ribet. Ataupun Anda punya prospek jualan kue mochi kacang, tapi males produksi bisa kontak kami di nomor wa 08 532 532 5550.
Kue mochi kacang ti banjar patroman
Semoga artikelnya bermanfaat, dan semoga Anda jadi penasaran bagaimana rasanya Kue Mochi Kacang Urang Banjar.