Cara Promosi Usaha Es Krim Atau Produk Lain Lewat Media Online Internet

Saya buat materi Cara Promosi Usaha Es Krim Lewat Media Online Internet bukan karena pinter atau sudah sukses, bukan juga so - soan.. Tujuannya niat membantu para pengusaha es krim khususnya dan materi ini sebetulnya lebih umum, usaha lain juga bisa dipraktekkan. 

Saya menekuni usaha es krim sudah lebih dari satu tahun, dan terus terang saya lebih banyak menggunakan media online untuk promosi usaha seperti facebook, youtube, blog / web, dan juga situs jual beli seperti olx.

Terus terang menekuni usaha es krim ini tidak mengeluarkan banyak modal karena memang modal saya terbatas dan saya juga harus bagi waktu karena saya punya aktifitas lain selain usaha es krim.

Untuk promosi produk makanan (menu-menu es krim yang ada di warung es krim H2O) saya menggunakan facebook. Kenapa? Karena saya ingin menjaring para pengguna facebook yang ada di lingkungan sekitar saya, minimal satu kota atau dengan kabupaten yang berdampingan. Sebagaimana yang kita tahu pengguna facebook lebih general dari berbagai kalangan dari mulai anak SD sampai usia lanjut, dan saya tidak ingin muluk-muluk mempromosikan dagangan makanan ke luar jawa misalnya. Soalnya saya belum siap untuk kirim produk makanan es krim jarak jauh dengan waktu berhari-hari, jadi saya target calon pelanggan orang-orang deket  aja.

Dan alhamdulillah para pelanggan yang jajan ada aja, dan umumnya mereka tahu dari facebook.

Bagaimana cara saya mempromosikan dagangan saya. Saya cukup buat fans page facebook saya share dagangan saya upload foto menu-menu es krim kemudian saya undang teman-teman facebook saya. 

Fans fage saya facebook.com/WarungEsKrim. Dengan memberi nama “warung es krim H2O” memudahkan para pengguna facebook untuk mencari informasi yang berhubungan dengan “es krim” sehingga jika ada pengguna facebook mencari informasi tentang “es krim” di facebook maka fans page “Warung Es Krim H2O” akan muncul, dan produk-produk saya bisa dikenal oleh para pengguna facebook meskipun bukan teman saya.

Facebook juga memiliki pengaruh di google, sehingga asalkan Fans Page kita memiliki like yang natural, ketika orang mencari informasi di google tentang “warung es krim” maka fans page “Warung Es Krim H2O” bisa muncul di halaman pertama.

Seiring berjalannya waktu saya akhirnya memiliki relasi di perusahaan ternama yang memproduksi bahan es krim praktis “Bubuk Es Krim Bulky”. Sekelas perusahaan besar, untuk memasarkan produknya mereka bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan pemasaran besar (perusahaan distributor) yang tersebar di berbagai pelosok negeri.
Tapi walaupun memiliki sales marketing yang banyak dengan pasar yang luas ternyata untuk “Bubuk Es Krim Bulky” tidak populer dan saya mendengar keluhan dari sales marketing yang ada di salah satu kantor distributor, dia bilang” susah banget ngeluarin Bulky, 1 bulan bisa ngeluarin 2 kg Bulky aja udah untung-untungan”. 

Saya agak kaget juga, “wah ternyata gitu ya?” Padahal saya selalu kekurangan produk untuk memenuhi permintaan pelanggan.
Jadi ironisnya gini. Sales marketing bingung harus kemana menjual bahan es krim Bulky, sedangkan para pembeli bingung harus kemana nyari bubuk es krim Bulky.

Jadi benar “jualan online dari rumah bisa mengalahkan teknik marketing perusahaan besar”. Padahal sales marketingnya pergi pagi pulang malam lho, saya tahu sendiri.

Bagaimana saya memaskarkan produk Bubuk Es Krim Bulky?

Saya buat web / blog ini Warunges.Com, kemudian saya buat video tutorial cara membuat menu-menu es krim seperti: cara membuat es krim dengan bahan pondan bulky, cara membuat es krim goreng, cara membuat moci es krim, dll. Kemudian saya upload ke youtube. Pada deskripsi video youtube saya beri link ke blog warunges.com dan saya cantumkan juga no hp saya. Sehingga banyak calon pembeli bubuk es krim  bulky karena nonton video di youtube.

Saya juga iseng-iseng pasang iklan di situs jual beli seperti olx, yang gratisan aja.

Cara saya promosi usaha es krim lewat media online atau internet sangat sederhana dan tidak butuh uang banyak, modal saya hanya beli pulsa untuk koneksi internet kebetulan laptop sudah ada, dan juga beli domain untuk blog warunges.com. Tidak perlu pergi pagi pulang malam dan mengeluarkan biaya akomodasi untuk kendaraan. Tapi hasilnya bisa mengalahkan para sales marketing dari perusahaan besar.

Mohon maaf bagi yang sudah mengenal internet marketing mungkin sudah paham dan tinggal mempraktekkan karena teknik ini tidak hanya butuh paham tapi harus diterapkan dan butuh kesabaran, tapi mungkin bagi Anda yang belum mengenal Internet Marketing akan kebingunan dengan materi ini (Cara Promosi Usaha Es Krim menggunakan media internet atau online).